Adab dan Doa Sebelum Tidur Menurut Rasulullah

doa sebelum tidur

Doa Sebelum Tidur – Islam adalah agama yang memberikan begitu banyak perhatian kepada manusia di setiap urusan baik agama dan juga dunianya. Baik di saat lapang, kesulitan, bangun tidur, akan tidur, menjelang perjalanan, ketika makan, dan lain sebagainya. Jadi, tidak ada satu hal pun dari kecil hingga besar melainkan sudah dijelaskan oleh agama Islam.

Islam memang agama yang dianggap paling lengkap karena seluruh kegiatan yang dilakukan di dunia ini memiliki pedoman untuk diketahui setiap umat Islam.

Pedoman yang terdapat di dalam agama Islam ialah apa pun yang sudah ditulis di dalam Al-Qur’an dan juga dicontohkan oleh Rasulullah. Bahkan salah satu hal yang seringkali disepelekan oleh kita semua adalah cara tidur Rasulullah.

Adab Tidur yang Baik dan Benar

Ketika mengikuti cara tidur seperti yang dilakukan oleh Rasulullah, tentu kita semua bisa mendapatkan hikmah yang banyak. Mungkin yang kita ketahui saat ini bahwa ketika akan pergi tidur, kita hanya membaca doa lalu naik ke ranjang. Padahal, menurut Islam ada adab yang memang harus dilakukan sebelum tidur sebagai berikut ini:

1. Muhasabah

Sebelum tidur, usahakan untuk menghitung dan mengoreksi segala kesalahan yang telah dilakukan di siang hari. Hal ini disarankan bagi semua umat Muslim.

2. Tidur Awal

Berdasarkan sebuah hadist disarankan bagi Anda untuk tidur di awal malam dan bangun di penghujung malam untuk melakukan sholat.

3. Berwudhu

Hal ini yang seringkali disepelekan oleh banyak orang bahwa disarankan bagi para umat Muslim untuk berwudhu sebelum tidur.

4. Mengibaskan Sprei

Sebelum Anda pergi tidur juga disarankan untuk mengibaskan sprei sebanyak 3 kali. Karena kita tidak akan pernah tahu apa yang ada di atasnya jadi hendaknya untuk mengibaskan sprei sebelum pergi berbaring atau untuk tidur.

5. Berbaring Miring ke Kanan dan Tidak Tengkurap

Abu Drarz berkata bahwa “Nabi Shallallahu ‘alaihi wasalam pernah lewat di hadapanku, dan di saat itu aku sedang tengkurap, maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wasalam membangunkan aku dan berkata bahwa sesungguhnya tidur dengan tengkurap ialah cara berbaring dari para penghuni neraka” (HR. Ibu Majah)

6. Membaca Ayat Kursi dan 2 Ayat Terakhir dari Surat Al-Baqarah, Surat Al-Ikhlas dan Al Mu’awwidzatain (Al Falaq dan An-nas)

Ada cukup banyak hadist yang shahih dan menyatakan bahwa adab tidur seorang Muslim ini adalah membaca semua surat tersebut.

Mengetahui Adab Tidur Rasulullah

Doa sebelum tidur yang dianjurkan adalah membaca beberapa suratan yang telah disebutkan di atas. Namun, Anda juga wajib paham tentang bagaimana cara tidur Rasulullah berikut ini:

  • Posisi tidur yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW ini sudah ada bahkan sejak 1400 tahun yang lalu. Rasulullah memiringkan tubuhnya ke kanan seperti yang sudah disebutkan dalam beberapa hadist yang shahih.
  • Kemudian, untuk doa sebelum tidur yang diajarkan Rasulullah dilakukan dengan meniup kedua telapak tangan sambil membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-nas. Ketiga surat tersebut dibaca masing-masing satu kali. Kemudian, Anda bisa mengusap kedua tangan ke wajah serta bagian tubuh yang bisa kita jangkau.
  • Sebelum tidur, kita juga dianjurkan untuk membaca ayat kursi. Ada doa sebelum tidur lain yang bisa Anda baca yaitu “Bismika allahumma amuutuwaahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).”
  • Sedangkan ketika Rasulullah bangun, beliau membaca doa yaitu “Alhamdulillahilladziiahyaanaba’damaaamatanawailaihinusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari no. 6324)
  • Cara tidur yang dilakukan oleh Rasulullahlain yang bisa Anda contoh adalah dengan melakukan sholat sunah witir sebelum tidur. Sholat witir bisa dilakukan di akhir malam ketika kita sudah selesai dalam menjalankan sholat Tahajud. Akan tetapi, ada dua kondisi di mana kita disunahkan untuk melakukan witir baik di awal malam maupun sebelum tidur.
  • Dari Ibnu Umar Radiyallahu ‘Anhuma, Nabi Sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda “Jangan biarkan api di rumah kalian menyala ketika sedang tidur” Jadi, sangat disarankan untuk mematikan lampu sebelum Anda memutuskan untuk pergi tidur.
  • Adab lain ketika sebelum pergi tidur ialah menutup aurat sebagaimana yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah. Bahkan ada hadist pula yang memberikan larangan untuk mengangkat maupun meletakkan salah satu kaki di atas kaki lainnya yang membuat terlihat auratnya. Jika dalam kondisi tersebut dilakukan namun tidak memperlihatkan aurat, maka tidak termasuk dalam larangan.

Jadi, itulah sebagian informasi yang bisa kalian ketahui khususnya bagi Anda umat Muslim yang ingin mengetahui apa saja adab yang baik bahkan harus dilakukan sebelum berbaring dan pergi tidur. Anda juga bisa mengikuti beberapa contoh yang diberikan oleh Rasulullah ketika beliau akan pergi tidur.

Add Comment